BOS Dibayar Triwulan 2

BOS Dibayar Triwulan 2

\"logo_bos\"BENGKULU, BE - Seperti yang diketahui, sebanyak 20 Sekolah terdiri dari 14 SD dan 6 SD mengalami kekurangan pembayaran dana BOS (Biaya Operasional Sekolah). Kekurangan ini diketahui sebesar Rp. 185,025 juta, dari jumlah yang seharusnya dibayarkan sebesar Rp. 2,227 miliar.

Data tersebut berdasarkan rekapitulasi data alokasi sekolah yang mengalami kekurangan BOS triwulan 1 periode januari, Februari dan Maret 2013. Pembayaran kekuarangan ini rencananya dirapel pada pencairan triwulan ke-2 mendatang.

\"Insyallah kalau tidak ada halangan, kekurangan BOS triwulan 1 dirapel ditriwulan ke 2,\" ungkap Kabid Dikdas, Ardyn Syayudi SPd. Dispendik sudah mengirimkan data tersebut melalui Rakor BOS se-Indonesia minggu lalu.

Kekurangan pembayaran dana BOS itu hanya ada di Kota Bengkulu, Karena memiliki jumlah siswa terbanyak dibandingkan Kabupaten lainnya. Dana yang sudah disalurkan ke 20 sekolah ini sebesar Rp. 2,412 miliar bagi 14.373 siswa SD/SMP se-Kota Bengkulu.

\"Pengurangan ini hanya adadi Kota Bengkulu. Dengan pertimbangan untuk mempermudahkan pengelola mendapatkan data yang valid. Selain jarak antara kota dan Provinsi yang dekat juga menjadi faktor pertimbangan,\" ungkapnya.

Rincian perhitungan dana BOS 2013 untuk jenjang SD dan sederajat, Rp 32,63 miliar. Dana ini akan dikucurkan ke 1.336 unit sekolah. Di mana unit costnya sama seperti tahun ini yaitu Rp 580 ribu per iswa per tahun.

Sedangkan dana BOS untuk jenjang SMP sebesar Rp 15,052 miliar.Dana ini disalurkan 4.113 Sekolah. Unit cost dana BOS jenjang SMP tetap Rp 710 persiswa per tahun. Total dana BOS triwulan 1, sebesar Rp 47,690 miliar.

\"Insyallah, sudah kita kirimkan ke pusat dan akan dicairkan ditriwulan ke 2 langsung melalui rekening sekolah,\" jelasnya. Tak hanya itu, Dispendik juga berharap, Unit Sekolah Baru (USB) juga bisa mendapatkan hak yang sama Dana Bos, sama seperti sekolah lainnya, ditrisemester selanjutnya. (128)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: